5 Rekomendasi Software Payroll Terbaik

Software Payroll Terbaik

Ternyata semakin hari penggunaan software payroll kian marak, pasalnya akan memudahkan kinerja manajemen yang belum sempurna. Pada umumnya software ini banyak digunakan di dalam perusahaan kecil sampai menengah. Kegunaan dari software ini juga sangat beragam, salah satunya adalah untuk mengelola slip gaji yang sering kali membuat pusing.

Payroll sendiri lebih mengacu kepada upah karyawan yang harus dibayarkan, serta di dalamnya mengandung informasi. Pembayaran upah tersebut berlaku berdasarkan periode yang telah ditentukan. Singkatnya, payroll sendiri merujuk kepada sebuah proses perhitungan serta distribusi upah maupun pajak sebenarnya pada pegawai atau karyawan.

Penggunaan software tersebut bahkan sekarang ini menjadi peluang bisnis menguntungkan tersendiri. Mengapa demikian? karena bisa diakses dengan mudah di internet tanpa perlu menambah biaya. Kehadirannya memang beragam sehingga seringkali membuat orang merasa bingung memilihnya. Oleh karena itu, sebelum memilih, sebaiknya pertimbangkan kelima software payroll terbaik berikut ini sebelum menggunakannya.

1. Krishand Payroll

Software pertama yang biasa digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan  dalam bidang payroll adalah Krishand Payroll. Menggunakan software ini akan membantu penggunanya dalam menghitung semua gaji karyawan dengan cepat dan akurat. Krishand Payroll bahkan mampu menghasilkan slip gaji serta menyimpan semua catatan gaji.

2. Xero

Selain OpenMiracle, Xero juga merupakan software yang harus dipertimbangkan sebelum digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah payroll. Xero sendiri merupakan software akuntansi yang berbasis cloud dan berguna untuk menjalankan urusan keuangan perusahaan. Beberapa diantaranya seperti invoice, koneksi dengan bank, investasi dan masih banyak lagi.

Sebagai informasi tambahan, software Xero ini berdiri sejak tahun 2006 dan sampai saat ini terus berkembang. Bahkan, kini sudah dipakai hingga seratus delapan puluh negara. Sedangkan, bagaimana dengan target market Xero ini? yakni lebih diutamakan agar digunakan pemilik usaha kecil menengah.

3. Patriot Payroll

Khusus bagi perusahaan kecil hingga menengah yang hendak menggunakan software payroll maka pertimbangkan Patriot Payroll. Software ini memiliki berbagai fitur yang bisa dipesan sesuai dengan kebutuhan, sehingga jauh lebih hemat. Melalui software ini, sebuah perusahaan bisa turut mengatur pembayaran para kontraktor maupun vendor yang bekerjasama dengan pihaknya.

Lalu, apa keuntungan yang bisa didapatkan apabila menggunakan software ini? Pertama, pengguna bisa memilih fitur sesuai kebutuhan sehingga lebih murah, kedua sangat friendly bagi pemula yang baru pertama menggunakan software semacam ini. Keuntungan lain yang bisa dirasakan adalah, Patriot Payroll dilengkapi dengan sistem keamanan kuat. Mengapa? sebab memiliki lapisan firewall yang berguna menjaga data perusahaan.

4. OnPay

Software berikutnya yang bisa memberikan kemudahan serta menguntungkan bagi para usaha kecil sampai menengah adalah OnPay. Software ini memakai basis cloud sehingga segala bentuk urusan pembayaran, baik perpajakan maupun pengeluaran keuangan lain bisa diatasi serta diproses dengan mudah.

5. Zoho Books

Apabila ingin menggunakan software yang bertema buku maka Zoho Books bisa dipertimbangkan lebih dahulu sebelum digunakan. Zoho Books akan membantu penggunanya dalam melakukan pembayaran dengan cepat. Tidak hanya itu, Zoho Books bahkan bisa mengecek keluar masuknya uang.

Kelima software payroll yang sudah disebutkan di atas memiliki fungsi masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Perlu diketahui juga bahwa sebenarnya masih ada macam-macam software tersebut yang misalnya berbasis website dan lain sebagainya. Apabila masih bingung, sebaiknya pahami dahulu satu per satu softwarenya dan pertimbangkan dengan matang.