Apa itu SSD Hosting? Mengetahui Pengertian dan Fungsinya

Apa itu SSD Hosting? Mengetahui Pengertian dan Fungsinya
SSD Hosting

Dunia maya memang menyimpan banyak hal yang sangat menarik untuk dipelajari. Ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari dunia maya. Baik itu yang sifatnya informatif, hiburan, maupun bisnis dan website. Untuk anda yang baru mendengar sekilas tentang dunia website, mungkin masih asing dengan beberapa istilah tertentu.

Salah satu hal yang sering dibahas dalam website adalah SSD hosting. Apakah anda sudah mengetahui pengertian dari SSD? Dan apa fungsinya untuk hosting dan website? Ikuti terus pembahasan dalam artikel ini untuk mendapatkan informasi selengkapnya!

 

Pengertian SSD Hosting

SSD Hosting adalah sebuah rangkaian perangkat yang berfungsi untuk penyimpanan data dalam hosting. SSD sendiri adalah kependekan dari Solid State Drive. Perangkat SSD ini biasanya dipasang pada komputer. Apakah fungsinya sama dengan hard disk atau HDD? SSD merupakan versi hard disk yang tidak menggunakan piringan magnetik hitam.

Menurut divedigital.id Penggunaan SSD hampir serupa dengan USB Flash drive atau yang lebih kita kenal dengan istilah flash disk, akan tetapi memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Singkatnya, SSD ini memiliki performa penyimpanan yang lebih canggih daripada HDD, akan tetapi memiliki efisiensi yang serupa dengan USB flash drive.

SSD hosting adalah salah satu faktor yang menyebabkan website dapat diakses dengan lebih cepat. SSD hosting akan menjadi semacam wadah untuk meletakkan hosting website milik anda. Data yang disimpan juga mampu bertahan dalam waktu hingga ratusan tahun dan tetap dapat tersimpan walaupun daya listriknya dihentikan. Selain itu, tingkat ketahanan SSD terhadap serangan virus juga lebih baik. Proses scanning virus juga memerlukan waktu yang lebih singkat sehingga booting akan berjalan lebih cepat.

Jika anda berniat untuk membeli hosting yang diperuntukkan untuk website toko online atau organisasi tertentu, pastikan untuk mempertimbangkan SSD hosting yang memiliki spesifikasi yang lebih baik.

Fungsi SSD Hosting

Setelah mengetahui tentang pengertian dari SSD hosting adalah salah satu bagian penting dari website, ulasan berikutnya akan membahas tentang fungsi dari SSD hosting. Simak selengkapnya berikut ini!

1. Perangkat Penyimpanan Data Website

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa SSD Hosting adalah perangkat penyimpanan data yang anda simpan pada website. Dengan demikian, website anda dapat diakses secara luas melalui server di internet. Karena performanya yang lebih canggih daripada hard disk, maka kini SSD hosting lebih popular daripada hosting yang masing mengandalkan performa HDD.

2. Prosesor Data dengan Performa yang Baik

Selain berguna untuk menyimpan data pada website, SSD hosting dengan performa yang lebih baik dari HDD akan memproses akses data yang dibutuhkan untuk website milik anda dengan lebih cepat dan efisien. Dengan performa terbaik ini, ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan dengan cepat, seperti mentrasfer file, membuka aplikasi tertentu, dan menemukan file yang dibutuhkan. Sehingga SSD hosting ini dapat memberikan kepuasan yang lebih baik dari segi kecepatan akses data daripada penggunaan HDD hosting. Tentunya ini akan memberikan keunggulan dan pengalaman yang lebih baik untuk para pengunjung website anda.

3. Media Penyimpanan yang Lebih Hemat Daya

Berbeda dari HDD yang membutuhkan lebih banyak daya untuk mengoperasikannya, SSD hanya membutuhkan daya yang lebih sedikit. Sehingga akan lebih efisien dan ramah lingkungan.

Dari ulasan ini, dapat kita ketahui bahwa SSD Hosting adalah media penyimpanan virtual yang sangat cocok untuk website anda. Jika anda sedang memerlukan SSD Hosting terbaik, pastikan anda tidak melewatkan paket terbaik yang ditawarkan oleh Domainesia. Teknologi SSD yang memiliki performa baik dan harga yang kompetitif tentunya akan sangat layak untuk anda pertimbangkan.