Ingin Membangun Usaha Konter Pulsa di Desa? Ini Peluang dan Analisa Usahanya!

Di zaman digital ini, tentu pulsa sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan orang lain, mendaftar kuota, dan lain sebagainya. Usaha Konter Pulsa di Desa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, mengingat saat ini pulsa menjadi kebutuhan primer bagi setiap masyarakat. Selain itu, pulsa juga tidak memiliki masa habis seperti makanan atau minuman, sehingga Anda tidak perlu takut rugi.

Daerah pedesaan menjadi pilihan yang tepat ketika Anda ingin membuka usaha konter pulsa. Karena akses konter pulsa di desa masih belum terlalu banyak dan masyarakat pedesaan juga masih sulit untuk membeli pulsa. Jadi tak ada salahnya jika Anda memanfaatkan peluang ini untuk membangun usaha yang dapat menguntungkan Anda serta membantu masyarakat memenuhi kebutuhannya.

Peluang Usaha Konter Pulsa di Desa

Siapa saja bisa membangun usaha konter pulsa di desa, asalkan memiliki niat dan modal yang cukup. Ada beberapa alasan mengapa usaha konter pulsa berpeluang dilakukan di desa, di antaranya yaitu

1. Jarang yang Bankable serta Mengakses Aplikasi Kekinian

Umumnya warga desa masih awam dengan dunia digital sehingga mereka cenderung membeli pulsa di konter. Sedangkan masyarakat perkotaan sudah banyak yang menggunakan aplikasi pembelian pulsa atau kuota dibandingkan harus ke konter. Mungkin hal ini dilatarbelakangi oleh pendidikan atau pengetahuan.

Bukan hanya itu, warga Desa juga lebih membutuhkan pulsa dibandingkan kuota, karena umumnya mereka masih menggunakan telepon atau mengirim pesan biasa tanpa kuota. Sehingga Anda tidak perlu takut rugi saat ingin membuka usaha konter di desa.

Terlebih saat ini Anda juga bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga melalui pulsa, misalnya membayar token listrik, air, kuota internet hingga pembayaran BPJS. Hal tersebut juga dapat membantu warga sekitar, karena di daerah pedesaan akses pembayaran cukup sulit.

2. Modal Usaha Tidak Terlalu Banyak

Untuk membuka usaha konter, Anda tidak harus memiliki modal usaha yang terlalu banyak. Dengan modal yang sangat minim, Anda tetap bisa membuka usaha tersebut. Mengingat usaha ini tidak memerlukan tempat khusus atau perlengkapan khusus, kecuali jika Anda memang ingin membuka usaha dalam skala yang besar. Cukup dengan telepon genggam dan saldo pulsa minimal Rp. 50.000 saja Anda bisa menjual pulsa di daerah pedesaan.

Namun jika Anda membutuhkan tempat sewa, Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih murah dibandingkan di kota. Kalau perlu, Anda bisa membuka konter di depan pelataran rumah dengan menyiapkan meja dan kursi untuk berjualan. Pastikan tempat Anda cukup strategis dan bisa dijangkau banyak orang.

3. Promosi Jualan yang Mudah

Saat membuka usaha konter pulsa di desa, Anda tidak membutuhkan strategi promosi khusus. Karena biasanya rumah di desa saling berdekatan, sehingga Anda tidak perlu jauh untuk menyampaikan promosi. Cukup dengan tulisan yang ditempel di depan rumah agar banyak orang yang mengetahui jika harga menjual pulsa. Atau Anda juga bisa menyampaikan langsung ke tetangga terdekat ketika membuka usaha pulsa.

4. Masih Sedikit yang Berjualan Pulsa

Seperti yang diketahui sebelumnya, biasanya di Desa masih sedikit yang berjualan pulsa. Berarti Anda tidak memiliki saingan, sehingga bisa mendapatkan target pembeli lebih banyak dan keuntungan usaha konter pulsa yang besar.

 

Analisa Usaha Konter Pulsa

Setelah mengetahui peluang usaha konter pulsa di desa dan berniat untuk membangun usaha tersebut, Anda harus melakukan analisa usaha jual pulsa terlebih dahulu mulai dari modal yang dibutuhkan dan keuntungan yang didapatkan. Adapun Berikut ini merupakan ulasan analisa usaha konter pulsa di desa, yaitu

  • Modal Usaha

Anda harus memiliki modal awal untuk membeli beberapa perlengkapan atau barang yang diperlukan. Berikut rinciannya:

Etalase sebesar Rp.1.000.000

Kursi minimal 5 Rp.    250.000

Smartphone Rp.1.000.000

Total: Rp. 2.250.000

  • Analisa Keuntungan

Analisa Keuntungan Usaha Pulsa Per bulan, jika rata-rata jumlah transaksi dalam sehari

Keuntungan pembelian pulsa hp setiap transaksi Rp 1000. Maka, dalam 50 transaksi => (50 x 1000 x 30 hari = Rp  1.500.000)

Keuntungan pembelian pulsa listrik setiap transaksi Rp 2000. Maka, dalam 50 transaksi => (50 x 2000 x 30 hari = Rp  3.000.000)

Maka keuntungan setiap bulan yang Anda dapatkan sebesar, Rp 4.500.000. (Untuk keuntungan pertama, Anda bisa menutupi modal awal)

Itulah beberapa ulasan mengenai peluang usaha konter pulsa di Desa beserta analisa usahanya. Jika Anda konsisten pada usaha yang dijalani, tak menutup kemungkinan usaha Anda semakin meluas dan besar.