Tips Sukses Usaha Fotocopy Untuk Pemula dan Analisa Modal Usahanya

Tips sukses usaha fotocopy untuk pemula penting diperhatikan bagi anda yang tertarik menjalankan usaha satu ini.

Usaha fotocopy pada umumnya memberikan layanan jasa dalam menduplikasi atau menyalin tulisan,gambar dari sebuah dokumen, buku, ataupun berbagai sumber lainnya.

Dapat dikatakan usaha fotocopy salah satu jenis usaha yang cukup menguntungkan. Maka tidak heran jika banyak kalangan yang memulai untuk menjalankan usaha ini.

Tips Sukses Usaha Fotocopy Untuk Pemula

Peluang untuk dapat sukses dalam menjalankan usaha percetakan, digital printing, ataupun fotocopy tersedia cukup besar. Pasalnya, kebutuhan akan percetakan serta penggandaan dokumen hingga saat ini semakin meningkat.

Meskipun demikian, anda yang tertarik untuk menjalankan usaha fotocopy harus memperhatikan serta memperhitungkan segmen pasar sebelum anda benar-benar menjalankan bisnis ini.

Mengetahui Beberapa Tips Sukses Usaha Fotocopy Bagi Pemula

Meskipun populer serta menjanjikan, menggandakan dan mencetak dokumen bukanlah suatu kebutuhan pokok. Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan beragam tips sukses usaha fotocopy untuk pemula yang antara lain:

Pilihan Lokasi Usaha yang Tepat

Hal penting pertama yang harus anda perhatikan dalam mempersiapkan usaha fotocopy adalah pemilihan lokasi yang tepat.

Hal ini dikarenakan pemilihan lokasi yang tepat dapat menentukan seberapa jauh perkembangan usaha fotocopy yang anda jalankan.

Dengan pemilihan lokasi yang tepat, tentu dapat dengan mudah dalam menggiring calon pelanggan untuk datang.

Sebaiknya anda membuka usaha fotocopy pada area perkantoran, kampus, atau sekolahan. Apabila anda memutuskan untuk sewa tempat, sebaiknya anda memilih tempat sewa yang strategis untuk usaha fotocoy yang akan anda jalankan.

Persiapkan Modal Usaha

Tips sukses usaha fotocopy untuk pemula yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah mengenai persiapan modal usaha.

Untuk menyewa tempat yang lokasinya cukup strategis, tentu memerlukan adanya biaya sewa tempat yang lebih tinggi dibandingkan dengan lokasi lain.

Selain untuk sewa tempat, pengadaan mesin fotocopy dengan harga yang cukup tinggi tentu mengharuskan anda untuk menyiapkan modal usaha yang besar pula. Pada awal usaha jangan memaksakan diri untuk membuka usaha fotcopy dalam skala besar.

Anda dapat merintis usaha ini dari skala kecil. Sesuaikan dengan modal yang anda miliki. Jika anda memiliki modal yang terbatas, maka sebaiknya anda membeli satu buah mesin fotocopy.

Selanjutnya setelah bisnis fotocopy yang anda jalankan sudah stabil, maka anda dapat menambah mesin baru. Dalam menjalankan usaha, perhitungan modal dengan teliti adalah hal penting yang harus anda perhatikan.

Perhatikan Kualitas Fotocopy

Selain tempat yang strategis, tips sukses usaha fotocopy untuk pemula yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah dengan memperhatikan kualitas fotocopy yang anda hasilkan.

Karena para pelanggan yang datang tentu menginginkan hasil fotocopy terbaik. Jika hal tersebut dapat terpenuhi, maka para pelanggan pun akan percaya dengan kualitas yang anda berikan.

Berikan Layanan yang Prima

Adanya pelayanan yang prima dalam usaha yang anda jalankan, dapat menjadi pembeda terhadap usaha fotocopy milik anda dengan orang lain.

Sebagai contoh, adanya layanan antar jemput fotocopy. Atau anda juga dapat melakukan pemberian bonus lain pada layanan fotocopy yang anda jalankan.

Adanya Promosi

Jika anda menginginkan usaha fotocopy yang anda jalankan cepat memperoleh pelanggan, maka anda dapat melakukan promosi. Anda dapat mencetak beberapa brosur serta mencantumkan nama usaha yang anda jalankan.

Selain itu, cantumkan pula jenis layanan spesial yang akan diperoleh. Selanjutnya anda dapat menyebarkan brosur tersebut pada lingkungan usaha anda. Maka orang-orang akan semakin mengenal usaha fotocopy yang anda jalankan.

Pemilihan Mesin Fotocopy

Di pasaran telah banyak tersedia berbagai jenis mesin fotocopy yang dapat anda beli. Mulai dari jenis mesin fotocopy biasa hingga mesin foto copy yang sudah dilengkapi adanya kemampuan scan dokumen serta printing.

Tips sukses usaha fotocopy untuk pemula adalah dalam hal pemilihan mesin. Sebaiknya anda memilih mesin yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Setiap mesin fotocopy memiliki harga yang berbeda.

Hal ini tentu dapat mempengaruhi besaran modal yang anda butuhkan. Sebaiknya anda beli mesin fotocopy dalam kualitas yang bagus.

Meski tentu memiliki harga yang lebih tinggi, namun anda telah menghemat biaya karena tidak memerlukan adanya biaya perawatan yang terlalu banyak.

Analisa Modal Usaha Fotocopy

Setelah mengetahui tips sukses usaha fotocopy bagi pemula di atas, maka anda juga perlu mengetahui tentang analisa modal usaha fotocopy yang harus anda siapkan. Mengenai modal usaha terdiri dari modal investasi awal serta biaya operasional bulanan.

Sebagai modal awal, maka anda harus membeli beberapa jenis barang seperti satu unit mesin fotocopy, etalase toko, meja, serta kursi.

Selanjutnya mengenai biaya operasional bulanan yang harus anda perhatikan terdiri dari sewa tempat, stok ATK, stok kertas HVS, stok tinta fotocopy, maintenance, dan biaya lain-lain.

Untuk membuka usaha fotocopy, setidaknya modal yang harus anda siapkan adalah sesuai dengan perhitungan modal awal serta biaya operasional bulanan. Besarnya perkiraan modal bergantung pada kebutuhan yang anda perlukan.

Mengenai keuntungan, maka anda dapat menghitungnya dengan cara pendapatan per bulan yang anda kurangi dengan pengeluaran pada bulan yang sama.

Perhitungan ini bertujuan agar pendapatan semakin meningkat. Oleh karena itu, harus ada banyak pelanggan yang menggunakan jasa fotocopy anda.

Demikianlah beberapa tips sukses usaha fotocopy untuk pemula serta analisa modal usaha yang anda perlukan. Setelah memahami point di atas, diharapkan anda dapat mempersiapkan dengan baik usaha fotocopy yang akan anda jalankan ini.