Tips Membeli Tanah Melalui Website Terpercaya

Tips Membeli Tanah Melalui Website Terpercaya

Website properti kini bisa menjadi solusi bagi yang mencari tanah untuk dibeli secara aman.

Tak banyak orang yang dapat berinvestasi melalui tanah. Namun hal ini banyak direkomendasikan dan anak muda pun mulai paham mengenai edukasi yang satu ini. Membeli sebidang tanah tentunya tidak bisa disamakan dengan saat membeli barang baru. Salah satunya berkaitan dengan harga yang cukup menguras isi tabungan.

Tanah merupakan aset untuk investasi jangka panjang yang cukup menguntungkan. Harganya kini terus mengalami peningkatan seiring dengan tingginya angka permintaan. Kecanggihan teknologi menawarkan kemudahan bagi yang ingin menawarkan properti berupa tanah melalui website properti.

Akan tetapi tentu saja harus tetap berhati-hati apalagi maraknya kasus penipuan online yang terjadi di masyarakat. Diperlukan strategi yang benar-benar tepat sehingga tidak tertipu oleh penjual bodong. Berikut ini beberapa tips agar tetap aman saat membeli tanah:

1. Memilih Situs Terpercaya

Zaman yang semakin canggih akan memudahkan mencari dan mendapatkan informasi termasuk tentang jual beli. Beragam jenis tanah ditawarkan dalam situs atau website properti dengan ukuran dan kisaran harga yang berbeda.

Anda bisa menggunakan kolom filter yang dapat mengatur pencarian berdasarkan tipe atau harga tanah pada website tersebut. Agar terhindar dari penipuan maka sebaiknya benar-benar memilih situs yang terpercaya dan sudah terverifikasi. Pastikan pula data penjual dengan lengkap agar bisa transaksi secara aman.

2. Jadwalkan Pertemuan dengan Pemilik

Setelah menemukan pilihan, maka hubungi penjual sesuai dengan informasi kontak yang tersedia pada halaman iklan tersebut. Anda dapat menghubungi salah satu kontak seperti nomor telepon, email atau yang lainnya agar menghindari informasi ganda. Pilihlah tempat yang agak ramai dan disertai dengan membawa kerabat atau teman agar dapat membantu Anda mengambil keputusan.

3. Melihat kondisi yang Sesungguhnya

Bertemu dengan penjual saja tidak cukup Anda perlu melihat secara langsung objek yang nantinya akan dibeli. Perlu ketelitian agar tidak ada penyesalan setelah tanah tersebut dibeli. Jangan lupa untuk mengecek lingkungan kondisi tanah dan juga akses menuju lokasi Anda Minati.  Tanyakan pula status tanah pada tetangga agar lebih pasti dan terhindar dari kasus sengketa.

4. Pentingnya Mengecek Kelengkapan Dokumen Pemilik dan Tanah

Setelah mengecek kondisi fisik tanah maka perlu juga melihat kelengkapan data atau dokumen yang berkaitan dengan tanah dan pemilik. Pastikan sertifikat pemilik tanah benar-benar sesuai dengan identitas pemilik.

5. Libatkan Notaris untuk Mengurus Akta Tanah

Jika memang sudah yakin untuk membeli tanah berdasarkan informasi website properti tersebut maka sebaiknya meminta bantuan seorang notaris agar tanah yang akan dibeli statusnya benar-benar aman. Selanjutnya perlu membuat akta Jual beli tanah di sertai Notaris yang mendampingi sehingga jelas bahwa tanah tersebut sudah berpindah hak milik.

7. Selesaikan Pembayaran

Akan lebih baik jika transaksi pembayaran dilakukan secara langsung karena jika melalui online dapat beresiko dalam penyelesaiannya. Jika dilakukan secara langsung maka dilakukan didepan kerabat, pembeli, notaris dan pihak yang berwenang. Pembayaran dapat di dokumentasikan dalam bentuk video atau foto lengkap dengan tanggal dan juga waktu terjadinya proses jual beli.

Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan saat akan melakukan pembelian tanah melalui website properti. Pastikan benar-benar memilih situs website dan penjual yang terpercaya sehingga Anda tidak rugi.