Solusi Cari AC Terbaik Dan Ramah Lingkungan, Tanpa Bingung

Solusi Cari AC Terbaik Dan Ramah Lingkungan, Tanpa Bingung

Ketika musim kemarau datang di Indonesia tentu suhu daerah menjadi meningkat. Panas yang berketerusan tentu menyebabkan gerah dan tidak nyaman. Sekarang sudah ada AC atau Air Conditioner namun banyak orang yang bingung memilih AC ramah lingkungan. Berikut solusi cari AC terbaik dan ramah lingkungan:

Ketahui 3 Hal Dalam Memilih AC

Ketika ingin membeli AC terbaik tentu harus memperhatikan beberapa hal. Pertimbangan ini tentu penting setiap ingin membeli perangkat elektronik. Berikut 3 hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih AC:

1. Cek Fitur-Fitur AC

Tiap jenis dan merk AC tentu memiliki kelebihan dan fitur yang berbeda-beda. Meski secara tujuan sama namun biasanya terdapat beberapa desain yang berbeda. Misalnya pada AC terdapat fitur air purifier untuk membersihkan udara. Fitur itu juga membuat AC hemat energi.

2. Perkirakan Luas Ruangan

Bandingkan antara ukuran AC dengan ukuran luas ruangan yang akan dipakai. Tujuannya agar ketika proses instalasi lebih mudah dan tidak menyusahkan tukang instalasi. Selain itu, agar jangkauan AC lebih merata dalam mendinginkan suhu ruangan.

3. Perhitungkan Biaya

Ketika ingin memasang AC ada beberapa biaya yang harus dipertimbangkan seperti biaya pemasangan, pembongkaran AC lama (jika ada), pembuatan stop kontak, dan biaya perawatan. Semakin besar daya AC maka biaya listrik juga semakin membengkak. Perlu memperhitungkan kebutuhan dengan pemilihan AC.

Cara Merawat AC Agar Tetap Awet

Setelah memilih AC yang berkualitas tentu harus rajin merawat agar bisa tahan lama. Tujuannya agar tidak mengeluarkan biaya yang lebih besar. Untuk itu berikut uraian mengenai cara merawat AC agar tetap awet, diantaranya:

1. Ketika Pakai AC Tutup Ruangan

Udara yang masuk akan menjadi terbatas sehingga kualitas suhu ruangan tidak terkontaminasi dengan suhu udara luar. AC juga tidak perlu bekerja terlalu keras untuk membersihkan dan mendinginkan ruangan. Cara ini membantu menjaga AC menjadi lebih awet.

2. Hemat Penggunaan Listrik

Perlu membatasi waktu penggunaan AC seperti AC digunakan ketika jam siang antara 13.00 sampai 15.00. Tujuannya agar bisa menghemat listrik dan menjaga AC agar tetap awet. Pastikan mematikan AC ketika akan meninggalkan ruangan atau rumah.

2 Rekomendasi AC terbaik

Berikut rekomendasi AC yang menjadi pilihan banyak orang. Tiap jenis dan merk AC disini tentu memiliki kualitas dan kelebihan masing-masing. Jenis AC yang paling sering dipilih adalah AC inverter dan AC Multi S. Untuk itu, berikut beberapa rekomendasi AC terbaik:

1. LG Dual Cool

Series AC LG Dual Cool T06EV4 juga termasuk kedalam jenis AC split dengan dual inverter yang lebih hemat listrik. Dilengkapi dengan fitur Auto Cleaning yang akan secara otomatis membersihkan bagian dalam AC.

2. Daikin FTV15CXV14

Rekomendasi selanjutnya adalah merk Daikin dengan series terbarunya. AC ini termasuk kedalam kategori AC multi split dimana meski dinyalakan ketika siang namun suhu tetap menyesuaikan kebutuhan ruangan. 1 unit outdoor akan mengoperasikan 2 unit indoor sehingga lebih hemat tempat.

Demikian penjelasan cara memilih AC terbaik dan ramah lingkungan. 2 rekomendasi AC diatas dapat menjadi opsi ketika ingin memilih AC. Namun tentu masih ada jenis dan merk AC lain yang dapat menjadi daftar pilihan.