Penting! Penyebab Alat Bantu Dengar Berdengung dan Tips Mengatasinya

Penting! Penyebab Alat Bantu Dengar Berdengung dan Tips Mengatasinya

Pengguna alat bantu dengar yang baru saja menggunakan alat tersebut terkadang mengalami beberapa kebingungan. Tidak hanya cara menggunakannya, namun juga terkadang terdengar suara berdengung. Penyebab alat bantu dengar berdengung bisa dikarenakan beberapa faktor eksternal.

Keadaan ini disebut juga dengan feedback, karena keadaan ini bisa dikatakan sebagai gema pada alat bantu dengar tersebut. Tentunya sangat meresahkan penggunanya, saat suara tersebut diperkuat kembali oleh receiver dan memantulkan hingga ke mikrofon.

Penyebab Alat Bantu Dengar yang Berdengung

Kebanyakan beberapa faktor penyebab alat bantu dengar berdengung adalah faktor dari luar. Namun dengan mengetahui penyebabnya, pengguna bisa dengan mudah mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah faktor penyebab alat bantu dengar atau earmold tersebut.

1. Mikrofon Tertutup Benda Asing

Penyebab pertama yang mungkin menghasilkan dengung pada alat bantu dengar atau feedback adalah mikrofon tertutup benda asing. Bisa saja pengguna memegang mikrofon alat bantu dengar, yang mana akhir suara gema tersebut terdengar mengganggu di telinga. Karena beberapa alat memang sensitif saat bersentuhan dengan benda asing.

Sebelum adanya alat bantu dengar digital, terjadi beberapa dengungan yang cukup keras saat mendekatkan panggilan telepon ke telinga. Namun tidak perlu terlalu khawatir, karena dalam perkembangan teknologi yang pesat, alat bantu dengar digital sangat membantu pengguna baru.

2. Pemasangan Tidak Pada Posisi yang Tepat

Selain penyebab diatas, pemasangan yang tidak tepat pada posisi alat bantu dengar juga bisa menyebabkan dengung. Saat tidak terpasang dengan benar, akan terjadi kebocoran suara di speaker yang akhirnya suara tersebut kembali pada mikrofon. Kemudian, pengaturan volume pada earmold atau alat bantu dengar juga membuat suara pengguna terdengar sangat keras.

Pengguna bisa meminta pengarahan lebih lanjut pada dokter THT untuk pemeriksaan alat bantu dengar dapat bekerja dengan baik. Namun saat dengung masih saja terdengar, pengguna harus menggunakan alat bantu dengar yang baru.

3. Kotoran Pada Telinga

Penyebab yang terakhir adalah akibat dari kotoran pada telinga yang mungkin cukup banyak. Hal tersebut berpotensi sebagai penyebab alat bantu dengar berdengung keras. Saat suara yang dihasilkan tidak bisa didengar dengan baik oleh telinga, maka bisa dipastikan ada serumen atau kotoran telinga. Maka tentunya penting untuk selalu menjaga kebersihan telinga.

Tentunya kotoran akan sangat mengganggu saat tidak dibersihkan dengan  benar. Kotoran telinga bisa juga dibersihkan saat melakukan kunjungan rutin pada dokter THT. Kotoran telinga akan lebih bersih saat dibersihkan menggunakan alat pada dokter THT.

Tips Mengatasi Alat Bantu Dengar yang Berdengung

Berbagai penyebab seperti tertutup benda asing, alat yang tidak sesuai dengan ukuran telinga hingga kotoran telinga bisa menghasilkan feedback. Saat sudah mengetahui penyebabnya, pengguna alat bantu dengar hanya perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

  • Pastikan tidak ada benda asing yang menempel dan selalu atur volume alat bantu sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  • Sesuaikan cetakan alat bantu dengar dengan telinga pengguna. Karena kenaikan hingga penurunan berat pada tubuh juga mempengaruhi.
  • Selain itu, selalu mengganti tabung plastik pada alat bantu dengar juga meringankan feedback yang dihasilkan. 

Tidak ada alat yang sempurna, karena bisa saja terjadi masalah kecil yang mengganggu seperti feedback. Namun jika selalu sempatkan waktu untuk konsultasi rutin ke dokter THT bisa meminimalisir masalah tersebut. Hal tersebut juga bisa diatasi dengan menggunakan alat bantu dengar berkualitas baik, untuk informasi lebih lanjut dapat kunjungi Aqm-hearingcenter.com.