Ini Dia Modal Yang Dibutuhkan Usaha Ayam Petelur

Ini Dia Modal Yang Dibutuhkan Usaha Ayam Petelur

Banyak orang yang mengatakan bahwa modal usaha ayam petelur jauh lebih rendah dibandingkan dengan keuntungan yang bisa di dapatkan darinya. Tidak percaya? Simaklah penjelasannya berikut ini.

Mengenal Usaha Ayam Petelur 

Usaha ayam petelur membutuhkan tingkat kesabaran dan ketelitian tinggi. Pasalnya usaha yang berkaitan dengan hewan ternak ini membutuhkan waktu yang tentunya tidak sebentar. Selain itu, Anda selaku peternak juga wajib memiliki kesabaran ekstra, karena jenis usaha yang Anda lakukan berkaitan dengan makhluk hidup. Dalam hal ini, jelas Anda wajib melakukan perawatan padanya, agar ayam-ayam yang dihasilkan dari peternakan itu pun dapat memberikan hasil yang lebih maksimal nantinya.

Bagi Anda yang m tertarik untuk melakukan usaha yang satu ini, ada beberapa jenis modal yang harus Anda persiapkan. Modal tersebut berkaitan dengan kebutuhan ayam petelur yang akan diternakan. Berikut ini adalah modal yang sebaiknya Anda persiapkan untuk ternak 100 ekor dari ayam petelur, di antaranya :

  1. Modal untuk pembuatan kandang

Dikenal sebagai kebutuhan awal, banyak para pengusaha yang mengalami kebobolan saat membuat kandang. Pasalnya mereka terlalu mengutamakan tampilan kandang yang bagus, kokoh, kuat dan juga tahan lama. Padahal bagi Anda yang masih pemula ada baiknya jika membuat kandang yang memang cocok untuk 100 ekor ayam saja. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat kandang dari bahan kayu, bambu atau bahkan benda lainnya yang dapat berguna sebagai kandang serta mampu memangkas pengeluaran terlalu besar di bagian awal.

Akan tetapi, tetap penting bagi Anda untuk memperhatikan ukuran kandang ayam. Karena hal tersebut juga telah diatur dalam undang-undang yang menyatakan bahwa standar ukuran kandang ayam untuk kapasitas 100 hingga 500 ekor ayam itu berada dalam ukuran 50 m2. Sementara untuk biaya estimasi Anda dapat menggunakan perhitungan dengan jumlah Rp. 2 juta untuk biaya tukang serta Rp. 3 juta untuk pembelian bahan material pembuatan kandang ayam.

  1. Modal untuk pembelian ayam

Bagian selanjutnya modal yang Anda butuhkan adalah biaya untuk melakukan pembelian bibit ayam. Jika Anda ingin mendapatkan ayam petelur dengan hasil yang bagus, maka Anda pun membutuhkan bibit ayam yang bagus pula. Seperti halnya strain ayam petelur yang familiar di Indonesia adalah jenis isa brown. Jenis ayam yang satu ini mampu menghasilkan telur hingga 280 butir per tahunnya.

Sementara itu, untuk estimasi biaya pembelian dari bibit ayam tersebut adalah untuk DOC dari ayam petelur dihargai dengan nominal Rp. 10.000 per ekornya. Sedangkan untuk ayam siap bertelur itu dihargai dengan nominal Rp. 65.000 per ekornya. Dengan demikian Anda membutuhkan modal sekitar Rp. 1 juta untuk DOC ayam petelur dan Rp. 6.5 juta untuk ayam siap bertelur.

  1. Modal untuk pakan ternak

Biaya lainnya yang juga harus Anda keluarkan sebagai modal adalah biaya yang akan digunakan untuk membeli pakan ternak. Pastikan untuk membeli pakan ternak berkualitas tinggi. Dengan demikian, telur yang dihasilkan oleh ayam-ayam itu pun akan memiliki kualitas yang lebih bagus pula.

Untuk estimasi dari biaya pakan ternak yang dibutuhkan per harinya itu berkisar pada angka Rp. 45.000 jumlah tersebut terdiri dari pembelian konsentrat pakan ayam yang digunakan sebanyak 35%, kemudian jagung giling sebanyak 45%, serta bekatul sebanyak 10%.  Biaya tersebut ditujukan bagi 100 ekor ayam petelur yang tengah Anda ternakkan.

  1. Modal kebutuhan lainnya 

Modal lainnya yang dibutuhkan itu berkaitan dengan biaya untuk vaksin, pengobatan serta peralatan. Vaksin menjadi bagian penting karena keberadaannya yang ditujukan untuk mencegah terjadinya beragam penyakit menular pada ayam ternak Anda. Begitu pun dengan biaya pengobatan serta peralatan yang tentunya ditujukan untuk menjaga ayam petelur agar keberadaannya selalu berada dalam kondisi sehat. Dengan demikian, kualitas telur yang dihasilkan jauh lebih baik dan bernutrisi tinggi.

Sementara itu, untuk estimasi biaya yang dibutuhkan di antaranya adalah biaya vaksin untuk 1 paket yang ditujukan bagi 100 ekor ayam adalah Rp. 1 juta. Obat 1 paket untuk 100 ekor ayam adalah Rp. 100 ribu. Tempat makan serta tempat minum masing-masingnya Rp. 40 ribu, juga karton untuk tempat telur seharga Rp. 105 ribu.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat dari beberapa jenis modal yang dibutuhkan untuk beternak ayam petelur.

Cara tepat dan mudah untuk mendapatkan modal pinjaman

Setelah menyimak penjelasan singkat di bagian atas tadi. Tentunya Anda dapat melihat bahwa modal untuk melakukan usaha ternak ayam petelur tidak sedikit. Dengan kata lain, Anda membutuhkan suntikan dana yang lumayan besar. Karena itulah bagi Anda yang membutuhkan modal cukup besar, maka tidak ada salahnya untuk melakukan pinjaman pada BFI Finance. Perusahaan ini dikenal baik dalam memberikan dana pinjaman dengan cara mudah. Bahkan untuk jumlah yang ditawarkannya pun cukup beragam. Sedangkan untuk jaminan Anda dapat menggunakan kendaraan yang Anda miliki. Seperti halnya pinjaman dana dengan jaminan mobil atau bahkan sepeda motor. Keterangan lebih lanjut tentang BFI Finance bisa didapat di website Disetujui.Id sebagai portal finance Indonesia terbaik.

Untuk mengajukan dana pinjaman dengan jaminan kendaraan tersebut tentunya ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi. Seperti halnya syarat yang berkaitan dengan profil diri, serta profil kendaraan. Tidak hanya itu, pinjaman tersebut pun hadir dengan beragam keuntungan yang bisa Anda dapatkan darinya. Seperti halnya bunga rendah, pembiayaan dimulai dari angka 1 jutaan, tenor hingga 24 bulan, tersedia di seluruh provinsi kecuali aceh serta diskon yang diberikan untuk merchant tertentu.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai cara mudah untuk mendapatkan pinjaman dana bagi Anda yang membutuhkan modal usaha ayam petelur  dengan mudah.