Ingin Tahu Cara Memperbaiki Headset Rusak? Baca Ini Sekarang!

Ingin Tahu Cara Memperbaiki Headset Rusak Baca Ini Sekarang!

Headset merupakan salah satu perangkat untuk mendengarkan suara secara personal tanpa harus terdengar oleh orang lain. Alat ini sering digunakan terutama bagi pengguna yang sangat hobi mendengarkan musik. Selain itu, untuk beberapa keperluan seperti menelpon atau teleconference maka alat ini akan sangat dibutuhkan. Namun terkadang headset tidak berfungsi dengan normal. Inilah saatnya untuk mempraktekkan cara memperbaiki headset rusak dengan benar.

Sebagai perlengkapan teknologi, headset dapat diperbaiki dengan mudah. Hanya saja perlu diketahui terlebih dahulu bagaimana kerusakannya. Hal tersebut dikarenakan pada kenyataannya, kerusakan yang terjadi di headset bisa bermacam-macam. Berikut akan diberikan penjelasan singkat mengenai macam-macam kerusakan headset serta cara umum untuk memperbaiki headset yang rusak. Untuk penjelasan hal-hal lain yang berkaitan dengan teknologi, carilah di avandaalvin.com.

Kenapa Headset Bisa Rusak? Ini Jawabannya!

Keberadaan headset membuat seseorang dapat mendengarkan musik dan bertelepon dengan lebih jelas dan lebih nyaman. Namun, jika tidak dirawat dengan baik alat ini dapat mengalami berbagai jenis kerusakan. Beberapa kerusakan pada headset adalah kabel putus, mati sebelah, bass mati, bunyinya terlalu pelan, atau bahkan headset nyetrum saat dipakai.

Untuk mengatasi berbagai kerusakan tersebut, cobalah cara umum terlebih dahulu, sebagaimana yang akan dijelaskan pada uraian berikutnya. Namun jika ingin itu tidak berhasil, maka cobalah cara memperbaiki headset rusak secara spesifik berdasarkan kerusakannya.

Cara Memperbaiki Headset Rusak Secara Umum

Ketika headset mengalami kerusakan, sebelum membeli yang baru, cobalah untuk memperbaikinya terlebih dahulu. Setidaknya dengan cara-cara umum yang sederhana. Berikut panduan singkat untuk melakukannya:

1. Cari Letak Masalah

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kerusakan yang terjadi pada headset bisa bermacam-macam. Carilah letak permasalahan pada headset dengan memeriksa kondisi kabel, colokan, dan earpiece atau lubang suara headset.

Untuk memeriksa kabel headset, cobalah untuk mendengarkan dengan menekuk kabelnya. Sedangkan untuk memeriksa bagian colokan, coba tekan ujung colokan lebih dalam. Lalu untuk memeriksa earpiece, coba cabut earpiece headset dan pinjamlah earpiece milik teman. Intinya, terus lakukan percobaan untuk menemukan bagian mana dari headset yang mengalami kerusakan.

2. Perbaiki Kabel

Apabila kabel headset mengalami kerusakan, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengupas kulit kabel. Setelah itu potonglah kabel menjadi dua. Kemudian masukkan kabel ke dalam potongan selang bakar, yaitu selang karet yang mirip dengan kulit kabel headset. Selanjutnya, sambungkan kawat yang putus lalu solder sambungan tersebut. Geser selang bakar ke tempat sambungan dan panaskan dengan pemantik untuk menutupnya.

3. Ganti Colokan

Untuk memperbaiki colokan, maka diperlukan colokan yang baru. Lepaskan colokan yang lama kemudian kupas kabel dengan tang kabel baru pasang colokan yang baru ke kabel. Sambungkan kawat kabel ke pin lalu jepit kemudian solder kawat steker. Jika sudah, pasang kembali tutup steker.

4. Perbaiki Earpiece

Pertama, buka earpiece atau lubang suara pada headset. Carilah kawat yang longgar kemudian pasangkan kembali ke bagian pengeras suaranya dengan menyolder kawat kembali ke posisi di pin telanjang. Ini mungkin akan jadi merepotkan apabila kawat yang longgar ada banyak.

Jika earpiece masih rusak, maka gantilah driver-nya. Driver ini bisa dibeli di internet. Untuk menggantinya, potong karet segel di sekitar driver dengan pisau tajam. Cabut driver yang bentuknya kerucut. Pasang driver baru ke celah yang sama. Hati-hati jangan sampai menyentuh diafragma tipisnya. Jika sepertinya belum terpasang dengan benar, gunakan sedikit lem di pinggirannya.

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam kerusakan pada headset dan bagaimana cara memperbaiki headset rusak secara umum. Pada dasarnya, apabila suatu barang masih dapat diperbaiki, janganlah buru-buru untuk membeli yang baru. Mungkin ini terdengar agak ribet dan butuh ketelitian, namun sebenarnya ini sangatlah mudah. Setidaknya memperbaiki headset yang rusak daripada membeli yang baru dapat menghemat uang yang harus dikeluarkan.