Harga Eco Farming 1 Botol

Harga Eco Farming 1 Botol
Foto oleh Mark Stebnicki dari Pexels

Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan membuat permintaan produk pertanian organik terus meningkat. Sejalan dengan hal ini, para petani di Indonesia dan berbagai negara di dunia gencar menerapkan sistem pertanian secara organik. Salah satunya dengan mengganti penggunaan pupuk kimia dengan pupuk organik seperti pupuk eco farming. Lalu apa saja kelebihan pupuk jenis ini dan berapa kisaran harga eco farming tersebut?

Kelebihan Pupuk Eco Farming

Produk eco farming cukup beragam dan yang paling banyak digunakan adalah pupuk. Pupuk eco farming merupakan pupuk yang terbuat dari bahan organik super aktif yang mengandung unsur hara lengkap untuk mendukung pertumbuhan tanaman yang lebih sehat. Sifatnya yang organik kemudian membuatnya kaya kelebihan, diantaranya adalah:

1. Menyuburkan dan Menggemburkan Tanah

Saat mencari tahu informasi mengenai harga eco farming dijamin akan mendapat informasi mengenai manfaat dan kelebihannya juga. Jadi, pupuk eco farming memiliki kelebihan mampu menyuburkan dan menggemburkan tanah.

Jika pupuk kimia cenderung membuat lahan pertanian rusak dan nutrisinya semakin minim. Maka pupuk eco farming bekerja dengan cara sebaliknya, sehingga banyak disarankan untuk digunakan para petani di Indonesia.

2. Menetralkan pH Keasaman Tanah

Kandungan unsur hara di dalam pupuk eco farming kemudian dapat membantu menetralkan kadar pH atau keasamanan dalam tanah. Tingkat keasaman tanah memang mempengaruhi pertumbuhan tanaman dan hasil panen. Jika keasamannya ideal dan seimbang maka pertumbuhan tanaman cenderung bagus dan hasil panennya pun demikian.

3. Menghemat Biaya Pemupukan

Jika diperhatikan, kisaran harga eco farming untuk produk jenis pupuk memang agak mahal. Hanya saja setelah digunakan lahan pertanian menjadi subur sehingga pada siklus tanam berikutnya penggunaan pupuk bisa dikurangi. Efisiensi biaya pembelian atau penggunaan pupuk menjadi lebih maksimal.

Biaya pupuk yang selama ini menelan dana paling besar dalam proses pertanian kemudian menjadi lebih mudah dikontrol. Sehingga keuntungan yang didapatkan petani saat menjual hasil pertanian bisa lebih optimal.

4. Menghasilkan Panen Organik yang Lebih Sehat

Penggunaan pupuk organik dengan teknik eco farming tentunya akan menghasilkan bahan pangan atau hasil pertanian yang sifatnya organik. Bebas dari kandungan bahan kimia, apalagi jika petani juga menggunakan produk anti hama eco farming. Maka hasil panennya lebih sehat dan aman bagi petani maupun konsumen.

Selain itu, penggunaan pupuk organik seperti eco farming dapat mengurangi resiko kerusakan lahan. Sehingga penggunaannya juga aman bagi kesehatan lingkungan sekitar. Lahan pertanian kemudian bisa digarap untuk panen berulang kali karena kondisi tanahnya tetap baik sepanjang tahun.

Kisaran Harga Eco Farming

Sedangkan untuk harga eco farming sendiri, dilansir dari berbagai marketplace di Indonesia per botolnya dihargai sekitar Rp 200 ribuan. Per botol ini berisi 30 gram pupuk yang tentunya bisa digunakan untuk memupuk tanaman yang sedang dibudidayakan agar tumbuh sehat dan juga subur. Penggunaan pupuk organik seperti eco farming menjadi solusi untuk menjaga lahan pertanian tetap subur dan tetap menjaga kualitas maupun kuantitas hasil panen.