Cara Pasang Relay Klakson Mobil Termudah dan Aman Dilakukan

Cara Pasang Relay Klakson Mobil Termudah dan Aman Dilakukan

Klakson merupakan compartment yang harus terpasang di kendaraan, termasuk mobil. Meskipun terdapat klakson bawaan yang sesuai standarnya, terkadang ada beberapa pengguna yang merasa compartment tersebut kurang nyaring. Sehingga perlunya penyetelan ulang menggunakan relay. Benda tersebut dapat memicu suara nyaring klakson apabila dipasang dengan tepat. Berikut cara pasang relay klakson mobil yang baik dan benar:

Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Sistem Kerja Relay Klakson Mobil

Sebelum mengikuti arahan mengenai cara pasang relay klakson mobil yang akan dibahas pada artikel ini, pengguna sebaiknya mengetahui sistem kerja relay untuk mempermudah proses perakitan. Hal ini agar menghindari kesalahan saat memasang relay.

Secara umum, relay klakson mobil juga dikenal dengan relay 4 terminal, karena memiliki 4 sumber arus utama sebagai penggeraknya. Selain itu beberapa informasi seputar relay secara khusus akan dijelaskan di bawah ini:

  • 4 terminal yang menyusun sebuah relay klakson mobil yang perlu diketahui adalah terminal 30, 85, 86, dan 87.
  • Terminal 87 dan 30 memiliki formasi saling berhubungan dimulai dari terminal 30- saklar- terminal 87 dan klakson.
  • Terminal 85 dan 86 merupakan rangkaian tertutup yang menghubungkan ground –terminal 85- kumparan relay- terminal 86- klakson lalu tersambung pada aki.

Cara Pasang Relay Klakson Mobil yang Tepat

Pengguna dapat memilih salah satu teknik pemasangan tergantung dari jenis relay yang telah dibeli, apakah memiliki susunan positif atau negatif. Untuk membedakan keduanya pengguna bisa melihat dari jumlah kabel yang terpasang. Sistem negatif memiliki dua kabel, sementara sistem positif memiliki satu kabel yang terhubung pada saklar dan satunya lagi pada ground.

1. Alur Pemasangan Relay Tegangan Negatif

Apabila pengguna menggunakan relay bertegangan negatif, mula-mula kaki relay terminal 30 dipasang pada bagian sisi positif aki. Kemudian kaki relay terminal 87 dipasangkan pada sisi positif klakson. Lanjut pada pemasangan kaki relay terminal 85 atau 86 yang bisa dipilih sesuka hati pada salah satu kabel klakson. Setelah semua seattle, pengguna bisa mencoba menghidupkan klakson mobil.

2. Alur Pemasangan Relay Tegangan Positif

Cara pasang relay klakson mobil menggunakan tegangan positif tidak jauh berbeda dengan pemasangan menggunakan relay bertegangan negatif. Pengguna bisa memulainya dari pemasangan kaki relay terminal 30 pada sisi positif aki mobil. Setelah itu lanjut pemasangan kaki relay terminal 87 pada positif klakson. Terakhir, pasangkan kaki relay terminal 85 dan 87 pada masing-masing kabel klakson yang tersedia.

Pemasangan relay untuk mempernyaring bunyi klakson sangat bermanfaat bagi pengguna mobil yang klaksonnya berpotensi tidak terdengar oleh orang lain. Lebih jauh lagi mengenai penanganan kendaraan roda empat, bisa mengunjungi situs mobilku. Untuk menambah ilmu seputar dunia otomotif. Atau memecahkan beragam masalah di bidang tersebut.