Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup dengan Mudah

43. cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup

Banyak orang lebih memilih menggunakan laptop daripada PC karena lebih praktis. Namun, perangkat ini rawan mengalami kerusakan. Misalnya saja, laptop kadang mengalami hang, blue screen, atau tidak bisa menyala. Untuk itu, perlu mencari tahu cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup agar tidak perlu pergi ke teknisi.

Masalah umum laptop ini bisa menimpa siapa saja. Kasus laptop tidak mau nyala ini disebabkan oleh banyak hal.Misalnya, kasus tersebut disebabkan karena adanya masalah pada RAM, hardisk, prosesor, atau baterai. Jika mengalami masalah laptop yang tidak mau nyala ini, lakukan saja beberapa metode perbaikan di bawah ini!

1. Cek Kondisi Baterai

Salah satu penyebab laptop tidak mau menyala adalah karena baterai telah habis. Bisa saja daya baterai habis saat laptop masih dalam keadaan menyala. Kemudian tiba-tiba layar laptop mati. Dalam kondisi ini biasanya lampu power tetap menyala.

Untuk mengatasi masalah ini, langsung saja sambungkan laptop dengan charger untuk mengisi daya baterai. Untuk mencegah masalah ini terulang, pastikan charger selalu dalam keadaan tersambung saat laptop digunakan dalam jangka waktu yang lama.

2. Bersihkan Prosesor

Prosesor merupakan elemen terpenting dalam laptop. Jika prosesor bermasalah, maka laptop bisa hang atau bahkan tidak bisa menyala. Kerusakan yang sering terjadi di prosesor biasanya disebabkan oleh debu yang menumpuk.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk membongkar laptop untuk membersihkan debu yang menempel di prosesor. Perhatikan juga bagian iso-thermal processor. Jika pasta processor dalam keadaan rusak, sebaiknya gantilah dengan yang baru.

3. Periksa RAM

Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup juga bisa dilakukan dengan membersihkan RAM. Ciri kerusakan RAM adalah saat layar mati atau blank namun mesin laptop tersebut tetap bisa berjalan seperti biasa. Untuk mengatasi permasalahan ini, laptop harus dibongkar. Lalu, periksa bagian RAM. Jika RAM longgar, maka ketatkan RAM.

Selain itu, jika memungkinkan cobalah untuk membuka RAM dan bersihkanlah bagian PIN-nya. Akan tetapi, bagaimana jika laptop tetap tidak mau menyala padahal RAM sudah dibersihkan? Dalam kasus ini, sepertinya RAM telah rusak sehingga perlu diganti dengan yang baru.

4. Bersihkan Hardisk

Kerusakan HDD juga bisa menyebabkan laptop tidak bisa nyala. Namun biasanya jika ada kerusakan hardisk, biasanya akan muncul notifikasi di layar yang bertuliskan bahwa hardisk tidak terdeteksi. Bongkarlah laptop untuk membersihkan bagian HDD. Setelah itu, cobalah untuk menyalakan laptop. Jika laptop tetap tidak menyala maka kemungkinan HDD mengalami kerusakan dan harus diganti.

Itulah empat cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Untuk melakukan langkah-langkah perbaikan di atas, diperlukan kemampuan untuk membongkar laptop. Jika ragu untuk membongkar laptop sendiri, sebaiknya segera bawa laptop ke teknisi agar mendapatkan penanganan yang tepat. Kunjungi Biggu untuk mendapatkan tips dan trik terkait dunia teknologi.