Cara Memulai Bisnis Ikan Koi

Cara memulai bisnis ikan koi tidaklah sulit. Usaha yang satu ini memang sedang populer karena bentuk dan warna ikan yang menarik.

Peluang bisnis di Indonesia semakin besar dan mengalami peningkatan. Sektor perikanan menjadi salah satu bisnis yang tergolong potensial.

Koi menjadi salah satu jenis ikan yang mampu memberikan banyak keuntungan. Sebab, jenis ikan yang satu ini menjadi primadonanya.

Bahkan banyak orang yang ikut percaya jika ikan ini mampu membawa keberuntungan. Namun, semua tergantung dari pemiliknya.

Selain memberikan keuntungan yang besar, budidaya ikan yang satu ini pun tidaklah sulit. Banyak juga alasan mengapa ikan koi menjadi pilihan bisnis yang tepat.

Pertama karena ikan hias yang satu ini cukup populer dan banyak peminatnya. Selain itu, harganya pun cukup tinggi dibanding ikan hias lainnya. Bahkan yang memiliki corak indah harganya bisa melambung tinggi.

Karena banyaknya peminat ikan koi membuat anda bisa menjadikan peluang usaha di rumah. Pemasarannya pun cukup mudah.

Ada banyak target pasar, terutama pecinta ikan koi. Bahkan peminat ikan hias yang satu ini tidak mengenal waktu atau musim. Bahkan ada jenis ikan koi lokal yang mampu menembus pasar global.

Ikan koi tersebut yaitu koi Blitar. Cara memulai bisnis ikan koi bisa dilakukan dari rumah. Budidaya ikan yang satu ini bisa untuk siapa saja.

Bisnis ikan koi memang tidak ada matinya, bahkan bagi pemula bisnis sekalipun. Anda bisa memulainya dengan modal kecil.

Cara Memulai Bisnis Ikan Koi di Rumah

Budidaya ikan koi di Indonesia sudah ada sejak tahun 1960. Meski ikan koi lokal masih dianggap remeh, namun tidak bisa dipungkiri jika bisnis yang satu ini mengalami banyak perkembangan.

Bahkan saat ini usaha budidaya ikan koi cukup menjanjikan. Apalagi dengan adanya ikan koi import, membuat koleksi ikan hias menjadi lebih banyak.

Selain mampu memberikan keuntungan, cara memulai bisnis ikan koi pun cukup mudah. Sebagai pemula yang ingin melakukan bisnis ini, anda perlu tahu bagaimana cara memulainya.

Berikut ini ada beberapa cara yang perlu anda lakukan untuk memulai bisnis ikan koi. Hal ini bisa membantu anda lebih mudah untuk memulai usahanya.

1. Memilih Indukan Berkualitas

Langkah awal yang bisa anda siapkan untuk memulai usaha ini yaitu dengan memilih indukannya. Memilih indukan berkualitas bertujuan agar anakan yang dihasilkan pun bagus.

Namun, untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Anda bisa meminjam dari para pecinta ikan koi. Sebab, pada umumnya ikan yang dimiliki memiliki kualitas unggul.

Ada banyak ciri-ciri ikan koi berkualitas. Umurnya lebih dari 2 tahun, memiliki jenis yang sama, tubuh ideal, gaya berenang yang seimbang, warna cemerlang dan kontras, serta gerakannya gesit.

Ketika anda ingin budidaya ikan hias yang satu ini, letakkan indukan dan pejantan dalam kolam yang berbeda. Sehingga ketika sudah waktunya dikawinkan, indukan tidak mengalami pemberokan.

2. Pembuatan Kolam

Ada berbagai jenis kolam yang bisa anda gunakan. Beberapa jenis media kolam tersebut bisa anda siapkan sendiri.

Misalnya kolam tanah, terpal, beton, dan masih banyak yang lainnya. Namun, untuk cara memulai bisnis ikan koi, sebaiknya tempatkan pada kolam plesteran.

Tempatkan pada bagian yang memiliki sinar matahari yang cukup. Jangan lupa untuk menambahkan saringan halus pada saluran air.

Tujuannya agar anakan ikan koi tidak hanyut bersama air yang keluar. Ukuran ideal kolam ikan koi yaitu 3-6 m dengan kedalaman 60 cm dan tinggi 40 cm.

Setelah kolam siap, biarkan hingga kering, isi air dan diamkan lagi hingga 24 jam. Selain itu, anda bisa tambahkan kakaban untuk telur ikan koi. Barulah masukkan ikan koi dalam kolam.

3. Tahapan Pemijahan

Cara memulai bisnis ikan koi juga melalui yang namanya tahapan pemijahan. Tahapan-tahapan dalam budidaya ikan hias ini sangatlah penting.

Tahap pemijahan mampu menjadikan penentu keberhasilan anda dalam budidaya ikan koi. Agar anda terhindar dari kegagalan, bisa berikan pelihara pejantan lebih dari satu.

Setelah persiapan selesai, anda bisa campurkan pejantan 3-5 ekor dengan indukan. Sebaiknya masukkan indukan pada jam 4 sore, baru kemudian masukkan pejantan setelah 3-5 jam setelahnya.

Proses ini biasanya akan terjadi pada malam hari. Dimana betina akan mengelilingi kolam dan pejantan mengikuti di belakangnya dan terkadang menempel pada tubuh betina.

Teknik Budidaya Ikan Koi

Cara memulai bisnis ikan koi cukup mudah dan perlu perawatan yang baik. Teknik pertama yang bisa anda lakukan yaitu menjaga kualitas air.

Menjaga kondisi air agar ikan tetap sehat. Jangan ganti air sampai habis, sebab ikan membutuhkan waktu yang lama untuk beradaptasi.

Jangan ganti sampai air terlalu keruh. Hal ini juga bisa mempengaruhi kesehatan ikan. Batasi juga jumlah ikan dalam kolam.

Ikan hias yang satu ini memiliki ruang gerak yang cukup lega. Hal ini membuat ikan koi bisa tumbuh besar dengan cepat. Karena alasan inilah, jangan biarkan ikan koi terlalu banyak dalam satu kolam.

Perhatikan juga kadar keasaman air pada level 6,5-8,5 untuk menjaga ikan tetap sehat. Kolam yang terbuat dari semen jika tidak disiasati dulu, baunya bisa membuat ikan mabok.

Sebab bau semen tersebut tidak bisa diterima oleh ikan koi. Pada umumnya digunakan pelepah pisang untuk mengatasi hal ini.

Meski dengan proses yang panjang, budidaya ikan koi tidak membutuhkan modal yang besar. Jika anda berminat bisa mengikuti tips budidaya ikan koi.  Selain itu, cara memulai bisnis ikan koi pun cukup mudah.