Cara Membuat Foto atau Gambar 360 Derajat Seperti Di Facebook

Cara Membuat Foto atau Gambar 360 Derajat Seperti Di Facebook

Cara Membuat Foto atau Gambar 360 Derajat Seperti Di Facebook – Sosial media saat ini seolah telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat di era modern untuk selalu terhubung dengan orang – orang di sekitarnya. Jika kita membahas tentang sosial media, tentu ada banyak sekali jenis sosial media yang akan disebutkan seperti Twiter, Facebook, Instagram, Path, dan masih banyak lagi. Bagi penggemar sosial media, Anda pasti memiliki akun di hampir semua jenis media sosial yang disebutkan di atas.

Pada dasarnya, setiap sosial media memiliki keunikan dan karakteristik masing – masing sehingga membuat orang – orang dengan senang hati mendaftarkan diri mereka dan bergabung dengan sosial media tersebut. Dari berbagai macam sosial media yang ada, Facebook merupakan sosmed dengan pengguna terbanyak sampai saat ini.

Bagi para pengguna Facebook, Anda tentu sudah pernah melihat status atau postingan seseorang di Facebook yang mengunggah gambar atau video yang bisa diputar hingga 360 derajat. Tentunya hal ini sangat menarik bukan? Anda dapat melihat gambar atau video tersebut ke kiri, ke kanan, ke atas hingga sampai titik putar 360 derajat.  Bagi yang belum pernah membuatnya, Anda mungkin penasaran dan ingin tahu bagaimana caranya membuat gambar atau foto 360 derajat seperti yang ada di Facebook tersebut.

Pada dasarnya semua orang bisa saja membuat video yang diubah menjadi foto 360 derajat kemudian mengunggahnya ke Facebook. Namun kunci persoalannya adalah tidak semua orang tahu cara membuat foto 360 derajat ini. Untuk dapat membuat video atau gambar yang hasilnya menjadi gambar 360 derajat, salah satu persyaratannya adalah fitur kamera yang ada di ponsel Android Anda harus sudah memadai dan dilengkapi dengan fitur serta aplikasi kamera 360 derajat. Tanpa hal itu, Anda tidak dapat melakukannya.

Baca juga: Fmwhatsapp

Cara Membuat Gambar 360 Derajat Seperti di Facebook

Untuk membuat foto agar dapat berubah menjadi 360 derajat ini, ada beberapa tahap yang harus dilakukan mulai dari pembuatan video dengan kamera hp yang hasilnya dapat diputar hingga 360 derajat hingga beberapa langkah lainnya sampai gambar tersebut siap untuk dibagikan ke Facebook dan dapat dilihat orang lain. Untuk itu, berikut ini cara membuat foto atau gambar 360 derajat seperti di Facebook secara rinci, Anda dapat mengikuti langkah demi langkahnya.

Cara Membuat Gambar 360 Derajat Menggunakan Android

Pertama, tentukan terlebih dahulu objek foto. Perhatikan sudut pengambilan gambar kamera karena ini akan sangat berpengaruh terhadap kualitas hasil foto 360 derajat yang dibuat. Gunakan beberapa aplikasi kamera 360 derajat yang kemudian diatur ke mode wide angle atau panorama. Aplikasi yang dapat digunakan antara lain adalah Google Street View, Panorama 360, dan Google Cardboard Camera.

Baca juga: OG WhatsApp

Cara Mengunggah Foto 360 ke Facebook

Jika hasil foto 360 sudah berhasil Anda simpan ke gallery, maka Anda sekarang hanya perlu menyiapkan  foto atau gambar yang akan diunggah ke Facebook. Sebagai contoh jika Anda ingin membuat video atau gambar 360 melalui aplikasi Panorama 360 di Android, cara upload video tersebut dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Pertama, bukalah aplikasi Panorama 360 di Android
  • Pilihlah salah satu video atau foto 360 yang akan diupload
  • Tap pada video atau gambar tersebut. Nanti akan muncul berupa tombol Share kemudian pilih Facebook karena Anda akan membagikannya di Facebook
  • Selesai, video 360 derajat Anda sudah berhasil diunggah ke Facebook

Demikian cara membuat foto 360 derajat seperti di Facebook. Bagaimana, mudah sekali bukan cara membuatnya? Jika Anda ingin melihat hasil foto 360 yang telah Anda unggah di atas, cara yang dapat dilakukan adalah menekan video tersebut kemudian menggeser video tersebut ke kiri atau ke kanan, ke bawah dan ke atas atau memutar.