Cara Membedakan Jaket Kulit Asli dan KW Mudah dan Tepat

Mungkin banyak orang yang masih bingung cara membedakan jaket kulit asli dan KW. Hal ini sering terjadi oleh para pria pecinta jaket kulit. Mereka belum merasa puas jika belum menggunakan jaket kulit.

Terkadang mereka juga lalai dalam memilih jaket kulit. Banyak yang masih tertipu dengan produk KW yang kini banyak beredar di pasaran. Pasalnya, tampilan yang sering menggiurkan mereka dalam memilih jaket kulit.

Namun, bagaimana caranya? Anda cukup teliti saja dalam memilih jaket. Jangan mudah tergiur dengan harga dan tampilan yang unik. Sebab belum tentu kualitasnya bagus. beruntung jika anda mendapatkan barang yang asli.

Cara Membedakan Jaket Kulit Asli dan KW

Jaket kulit memanglah sebuah fashion yang sudah ada sejak zaman dahulu. Bahkan gaya fashion ini juga sangat simpel. Orang-orang tidak perlu ribet menggunakan pakaian yang beraneka ragam.

Cukup menggunakan kaos dan jaket saja sudah terlihat rapi. Dengan begitu, penting sekali memperhatikan kualitas dari jaket kulit. Berikut adalah cara membedakan jaket kulit yang asli dengan yang palsu:

Aroma

Ciri jaket kulit pasti menggunakan bahan baku kulit hewan yang telah disamak dalam pembuatannya. Sebab itu pada jaket kulit akan tercium aroma khas yang berasal dari bahan penyamaknya.

Aroma ini bukan bau kulit hewan, namun baunya berasal dari penyamaknya. Apabila jaket penyamaknya adalah krom, maka akan berbau krom. Jika menggunakan samak nabati, maka akan berbau nabati.

Berbeda dengan jaket kulit imitasi tidak akan tercium aroma yang serupa. Malah kebanyakan jaket kulit imitasi berbau bahan kimia yang sangat menyengat. Baunya mirip polimer atau mirip dengan bau karet.

Aksesoris

Salah satu cara membedakan jaket kulit asli dan KW dengan melihat aksesoris yang ada. Jaket kulit asli umumnya memiliki standar khusus. Misalnya menggunakan bahan yang berkualitas, mewah, serta harganya yang terbilang mahal.

Jaket kulit asli biasanya memakai benang nilon yang memiliki serat mengkilap. Berbeda dengan jaket imitasi yang hanya menggunakan benang katun di jahitannya. Tentu kualitas ini sangat berbeda.

Sedangkan untuk resleting jaket kulit asli menggunakan YKK original. Lining atau furing juga menggunakan Dormeuil England yang lembut dan halus. Berbeda dengan jaket imitasi yang hanya menggunakan bahan berkualitas rendah.

Garansi 100%

Jaket kulit memiliki garansi produk yang resmi. Misalnya garansi 100% kulit asli atau uang kembali, garansi repair, dan lain sebagainya. Dengan begitu, anda harus memperhatikan kelengkapan saat membeli jaket kulit.

Cara membedakan jaket kulit asli dan KW ini sangat mudah dilihat. Apabila penjual tidak memberikan jaminan atau garansi apapun, maka bisa saja produk jaket kulit tersebut palsu atau KW.

Kualitas Awet

Sudah bukan rahasia umum lagi jika jaket kulit yang asli memiliki kualitas yang sangat bagus. Jaket ini akan awet daripada sintetis atau imitasi. Dengan catatan, jaket kulit melalui perawatan yang baik dan benar.

Jika anda beli jaket kulit dengan penggunaan yang wajar, namun dalam jangka waktu sebulan jaket sudah mengelupas, maka jaket tersebut merupakan jaket kulit yang palsu. Sebab jaket kulit asli dalam jangka waktu lama tidak akan mengelupas.

Berat

Cara membedakan jaket kulit asli dan palsu bisa dengan memperhatikan beratnya. Jaket kulit asli yang berasal dari Indonesia yang menggunakan full grain leather. Merupakan bahan kulit utuh yang belum mengalami proses buffed, sanden, dan split.

Dengan begitu, akan menimbulkan berat yang berbeda dengan jaket kulit imitasi. Namun, apabila bahan sudah mengalami proses split, beratnya hampir sama dengan jaket kulit imitasi. Dalam hal ini, anda harus memperhatikan ciri-ciri lainnya agar tidak salah pilih.

Ketebalan

Ciri jaket kulit asli memiliki ketebalan antara 0.5 mm hingga 0.7 mm biasa. Sedangkan untuk jaket kulit motor memiliki ketebalan 1 mm. Berbeda dengan jaket kulit imitasi yang mungkin lebih tipis.

Hal ini karena jaket kulit asli dalam pembuatannya menggunakan proses penempaan. Cara ini untuk memperoleh ketebalan kulit yang sama dan halus.

Itulah beberapa cara membedakan jaket kulit asli dan KW yang bisa anda lakukan. Tak hanya itu, gunakan insting anda dalam memilih jaket kulit. Biasanya insting juga akan mempengaruhi anda dalam memilih jaket.