Berkhasiat, Ternyata Minyak Telon Miliki Banyak Manfaat!

Berkhasiat, Ternyata Minyak Telon Miliki Banyak Manfaat!

Minyak telon menjadi salah satu produk wajib yang dimiliki oleh para orangtua yang mempunyai anak bayi maupun balita. Mempunyai berbagai fungsi dan kegunaan yang baik untuk tubuh si kecil, pastinya para orangtua selalu rutin membeli produk yang satu ini. Terdiri dari berbagai kandungan yang tidak hanya sekedar menghangatkan tubuh bayi, berikut penjelasan lebih lanjutnya.

Tentang Minyak Telon

Salah satu perawatan bayi yang wajib ada, membuat minyak tersebut khas menggambarkan aroma tubuh bayi. Beberapa campuran minyak yang berbeda menjadikannya satu kesatuan yang berkhasiat. Komposisi di dalamnya yaitu ada minyak kelapa, kayu putih dan adas. Komposisi pada umumnya yakni 3:3:4. Namun beberapa produsen ada yang memodifikasinya menjadi 2:2:6.

Tidak hanya campuran minyak yang telah disebutkan saja, beberapa kandungan yang baik untuk kulit dan tubuh bayi ditambahkan ke dalamnya. Pemakaian pada bayi pun biasanya dengan cara membalurkannya secara merata pada bagian tubuh. Tidak lupa ketika mengoleskannya, berikan sedikit pijatan lembut pada kulit bayi agar minyak dapat meresap dengan baik.

Manfaat Minyak Telon

Sebuah produk yang dihasilkan apalagi dibuat khusus untuk bayi dan anak-anak tentu mempunyai manfaat yang baik. Kandungan bahan-bahannya dihasilkan oleh alam, sehingga hasil yang didapatkan sangat bermanfaat. Namun jarang yang tahu bahwa selain menghangatkan, minyak telon juga mempunyai manfaat lainnya yaitu:

1. Membantu Atasi Pernapasan

Fungsi pertama dari minyak telon adalah membantu mengatasi pernapasan. Banyak dari sebagian orang yang belum mengetahui bahwa sistem pernapasan bisa dilegakan dengan cara menempelkan sedikit bau dari minyak tersebut. Beberapa kandungan baik yang terdapat di dalamnya yang membuat pernapasan bisa kembali normal. Sifat dekongestannya bisa membantu ringankan beberapa gejala yaitu:

  • Flu atau hidung tersumbat.
  • Tenggorokan yang sakit.
  • Bersin-bersin.

2. Merilekskan Otot yang Kaku atau Kejang

Dalam beberapa kasus terkadang ada yang namanya kekakuan pada otot atau kejang. Jika hal tersebut terjadi maka dengan minyak ini akan sangat berfungsi untuk membuatnya menjadi lebih rileks. Adanya campuran antara minyak kayu putih dan adas mampu membuat ramuan pada minyak tersebut ampuh membuat otot menjadi normal kembali.

Kandungan eucalyptus mint yang terdapat di dalam minyak kayu putih di dalamnya berguna untuk meredakan kejang otot. Jadi jangan khawatir dan panik berlebihan jika kejang otot atau kram terjadi. Pengguna dapat mengoleskannya perlahan dengan cara dipijat-pijat pada area kaki yang kejang atau kaku.

3. Menghilangkan Perut Kembung

Kembung bukanlah masalah atau penyakit yang terlalu besar, tetapi jika hal tersebut terjadi kepada bayi atau balita beda lagi ceritanya. Bayi atau balita belum bisa mengatakan apa yang tengah dirasakannya. Menangis adalah salah satu bentuk luapan apa yang tengah dirasakannya.

Kembung tentu memberikan efek rasa tidak nyaman dan juga gelisah pada bayi, biasanya orangtua akan mengoleskan minyak di area perut. Tidak memakan waktu yang lama bayi pun biasanya akan menjadi jauh lebih tenang. Hal tersebut dikarenakan minyak yang dioleskan ke perutnya sudah bekerja meredakan kembung.

4. Melindungi Tubuh dari Gigitan Serangga

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan yaitu melindungi tubuh si kecil dari berbagai serangan serangga. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli menunjukkan bahwa terdapat campuran minyak cajuput yang terdapat di dalamnya. Minyak cajuput ampuh untuk mengusir atau menghalau serangga. Oleh sebab itu orangtua atau ibu sangat rajin mengoleskan bayinya dengan minyak tersebut.

Nah, itulah penjelasan terkait minyak telon beserta manfaat yang diberikannya kepada tubuh. Dibuat dengan berbagai bahan yang diambil dari alam membuat kualitas serta hasil dari minyak tersebut sangat bagus untuk bayi. Jadi jangan heran jika produk perawatan ini sangatlah dan wajib dimiliki orangtua yang masih memiliki balita.