Ayo, Kenali Koin ADA dan Kelebihannya Disini!

Koin ADA

Berinvestasi menjadi kegiatan yang semakin tren dengan jenis instrumen beragam, salah satunya adalah mata uang digital (cryptocurrency). Setelah Bitcoin dan Ethereum, tahun 2017 muncul lagi cryptocurrency generasi ketiga, yakni Cardano atau yang biasa dikenal koin ADA. Cardano diklaim paling mutakhir untuk saat ini karena dibekali dengan beberapa kelebihan.

Kelebihan Cardano

Keberadaan ADA mungkin belum bisa menandingi ketenaran dari Bitcoin dan Ethereum. Tapi Cardano dianggap penting karena memiliki sifat sustainability (berkelanjutan). Selain itu, ADA juga dipercaya lebih rendah emisi. Berikut rangkuman dari dua kelebihan yang dimiliki oleh ADA atau Cardano:

1. Ramah Lingkungan

Cardano diyakini ramah terhadap lingkungan karena penggunaan listrik yang lebih kecil dibandingkan dua generasi cryptocurrency sebelumnya. Untuk satu jam, ADA hanya memerlukan listrik sebesar 6 gigawatt, sedangkan Bitcoin mencapai 130 terawatt dan Ethereum memerlukan listrik 50 terawatt. Kelebihan Cardano ini didukung oleh penggunaan sistem berupa Proff-of-Stake (PoS) saat memverifikasi transaksi.

2. Memakai Pendekatan Saintifik

ADA diatur oleh organisasi bernama Cardano Foundation. Dalam pengembangannya, organisasi tersebut selalu melakukan penelitian dan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan ini diklaim inovatif, karena menjadi satu-satunya di dunia kripto. Sehingga perubahan pada fitur Cardano dipastikan sesuai dengan tujuannya.

Tindakan yang Dapat Dilakukan Penambang dengan Cardano

Koin ADA hadir sebagai solusi dari setiap permasalahan yang terdapat dalam Bitcoin dan Ethereum. Sama seperti dua jenis cryptocurrency tersebut, Cardano juga bisa memberikan berbagai manfaat. Berikut tindakan yang dapat dilakukan menggunakan Cardano:

1. Investasi

Investasi menjadi inisiatif pertama yang bisa dilakukan dengan Cardano. Walaupun kegunaannya dianggap masih terbatas, namun banyak investor yang mempercayai proyek ADA untuk menjadi altcoin yang menjanjikan. Bahkan sejak 2017 hingga Oktober 2021, Cardano selalu konsisten menempati posisi 10 besar cryptocurrency. Harga satu token ADA adalah 2 dolar AS.

2. Staking

Aset kripto satu ini juga dapat dipakai untuk tindakan staking, yakni cara memperoleh pendapatan pasif. Prosesnya yaitu mendepositokan uang terlebih dahulu untuk digunakan validator dalam memverifikasi transaksi PoS. Setelah didelegasikan kepada validator pilihan, selanjutnya berhak memperoleh insentif sesuai uangnya. Jadi harus dipastikan cermat agar uang tidak hilang.

3. NFT

ADA sangat berpotensi membuka pasar NFT karena memiliki fitur berupa program smart contract. Jadi nantinya dapat membeli NFT di berbagai marketplace kecil menggunakan Cardano. Salah satu marketplace terpercaya yang menawarkan NFT Cardano adalah Cnft.io. Pasar NFT Cardano akan terus bertumbuh sejalan dengan perkembangan pada fungsionalitas Cardano.

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah tertarik untuk berinvestasi menggunakan koin ADA? Perlu diketahui bahwa saat ini terdapat 25 miliar Cardano yang dijual. Tapi tentunya tidak boleh gegabah. Supaya memberikan income yang menjanjikan, perlu adanya analisis dan pertimbangan yang matang. Terlebih keberadaan Bitcoin dan Ethereum masih belum dapat dikalahkan Cardano.