Awas! Kelemahan GB WhatsApp Ini Bisa Membahayakan Penggunanya

Awas! Kelemahan GB WhatsApp Ini Bisa Membahayakan Penggunanya

Kebanyakan aplikasi terkenal memiliki versi modifikasi dengan tambahan berbagai fitur namun bukan buatan dari developer resminya. Begitu pula dengan WhatsApp, pengguna dapat menemukan versi modifikasinya yakni GB WhatsApp. Tiruan ini diklaim memiliki banyak fitur tambahan yang tidak tersedia pada WhatsApp resmi sehingga banyak yang tertarik. Meski begitu, kelemahan GB WhatsApp tidak boleh diabaikan begitu saja.  

GB WhatsApp menarik perhatian pengguna dengan fitur yang lebih menggiurkan untuk dicoba. Seperti dalam hal mengganti tema, menghilangkan tanda online meski sedang aktif di WhatsApp dan lainnya. Fitur-fitur inilah yang diincar sehingga banyak orang yang menginstall GB WhatsApp. Disamping kelebihannya tersebut, kelemahan WhatsApp GB yang perlu diketahui yakni:

1. Akun Rentan Diblokir

Karena GB WhatsApp merupakan aplikasi tiruan, tentu saja pihak WhatsApp tidak tinggal diam mengetahui hal tersebut. Bagi pengguna yang ketahuan menggunakan GB WhatsApp, besar kemungkinan developer WhatsApp resmi akan memblokir nomor tersebut. Pihak WhatsApp menghimbau untuk menggunakan aplikasi resmi alih-alih versi modifikasi.

Hal ini dikarenakan WhatsApp bukanlah platform open source. Artinya, pihak lain tidak diizinkan untuk menyalin kode WhatsApp dan diluncurkan pada aplikasi buatannya. Hal ini merupakan tindakan ilegal dan berakhir akun pengguna dapat ditangguhkan. Saat terlanjur ditangguhkan, WhatsApp akan mengembalikan akun tersebut setelah 24 jam dengan catatan harus didaftarkan pada aplikasi resmi.

2. Keamanan GB WhatsApp Tidak Terjamin

Pada aplikasi resminya, pengguna yang berkirim pesan akan mendapatkan perlindungan melalui sistem end to end encryption atau enkripsi dari ujung ke ujung. Data percakapan akan disimpan dalam server yang tidak dapat diakses siapapun, termasuk WhatsApp itu sendiri. Hanya pengirim dan penerimalah yang dapat mengetahui isi pesan tersebut.

Lain halnya dengan GB WhatsApp, pihaknya belum menjamin keamanan dari pesan yang dikirimkan sehingga kemungkinan pesan bocor bisa terjadi. Pihak lain dapat dengan mudah mencuri informasi di dalamnya. Karena kelemahan GB WhatsApp ini, mengirimkan data atau informasi penting melalui GB WhatsApp sebaiknya dihindari untuk meminimalisir kemungkinan data bocor jika tidak ingin dirugikan di masa mendatang.

3. Adanya Iklan yang Sering Muncul

Dengan berbagai fitur menariknya, pengguna harus rela melihat iklan-iklan yang lewat ketika memasang GB WhatsApp pada ponsel. GB WhatsApp memang berisikan iklan yang kadangkala dapat mengganggu ketika aplikasi sedang dibuka. Iklan tersebut merupakan sumber pendapatan pengembang dan berkemungkinan membawa pengguna ket situs berbahaya jika di-klik. Hal tersebut akan berakhir masuknya virus melalui tautan tadi.

4. Sulit Mendapatkan Pembaruan

Jika pengguna WhatsApp resmi dapat melakukan pembaruan lewat Google Play Store, GB WhatsApp tidak memiliki kemampuan ini. Hal tersebut karena GB WhatsApp tidak terdaftar pada layanan Play Store. Pengguna harus mencari versi terbaru melalui internet. Tidak jarang pula tautan yang disajikan sebagai versi GB WhatsApp terbaru malah membawa pengguna ke tautan lain yang tidak berhubungan.

5. Rawan Spyware dan Malware

Saat menemukan situs untuk menginstall GB WhatsApp, bukan berarti situs tersebut aman. Pihak ketiga ini berkemungkinan membawa virus saat pengguna akan mengunduh aplikasinya. WhatsApp GB memang dapat terunduh namun, berbarengan dengan unduhan tersebut malware dan spyware masuk ke ponsel dan mengancam data di dalamnya. Bahayanya lagi, sistem akan terganggu jika malware tidak segera dimusnahkan.

Setelah mengetahui berbagai kelemahan GB WhatsApp di atas, pengguna dapat mempertimbangkan apakah akan menggunakan GB WhatsApp atau tetap setia pada aplikasi resmi. Jika masih penasaran dengan berbagai hal tentang GB WhatsApp, kunjungi situs rsddrsoebandi.id segera dan temukan berbagai hal yang dapat menambah wawasan baru.