Apakah Benar Implementasi Aplikasi Absensi Itu Mahal? Inilah Faktanya!

Apakah Benar Implementasi Aplikasi Absensi Itu Mahal? Inilah Faktanya!

Adanya perubahan tren dalam dunia kerja menyebabkan perusahaan harus beradaptasi dengan berbagai perubahan tersebut. Contohnya adalah digitalisasi dalam proses pencatatan kehadiran karyawan melalui aplikasi absensi. Banyak perusahaan yang menduga bahwa implementasi aplikasi absensi akan memakan biaya yang cukup mahal.

Apakah benar demikian? Untuk lengkapnya, simak ulasan di bawah ini!

Sebenarnya, implementasi sistem atau aplikasi dalam sebuah perusahaan memang memakan biaya yang cukup banyak berupa waktu dan tenaga. Mudah sekali bagi perusahaan besar untuk mengembangkan lalu mengimplementasikan sebuah aplikasi jika perusahaan memiliki banyak sumber daya yang mendukung.  Umumnya, perusahaan besar mempunyai sumber daya yang mumpuni untuk mengembangkan sebuah aplikasi bahkan software

Bagaimana jika perusahaan tidak mempunyai sumber daya internal untuk Mmembangun aplikasi?

Sayangnya, tidak semua perusahaan mampu mengembangkan aplikasi mengandalkan sumber daya yang dimiliki. Alternatifnya, perusahaan dapat menggunakan jasa vendor untuk mengimplementasikan aplikasi yang akan digunakan untuk absensi online melalui aplikasi. Menggunakan jasa vendor juga cukup menguntungkan karena perusahaan tinggal menerima hasil jadi tanpa perlu memikirkan bagaimana perkembangan progress dari tim internal.

Gambaran Mengenai Biaya Implementasi Aplikasi Absensi

Harga yang ditawarkan oleh vendor penyedia aplikasi absensi sangat beragam, ada yang mematok harga berdasarkan kelipatan jumlah karyawan di perusahaan, ada juga yang menetapkan harga berdasarkan berapa lama perusahaan akan menggunakan aplikasi absensi.

Apa pun pilihan perusahaan Anda, harga tersebut masih harus dicari tahu rincian harganya. Apakah ada biaya tambahan di tengah periode berlangganan, apakah akan dikenakan biaya pemeliharaan rutin, dan lain-lain. Hal ini harus dipastikan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dan mencegah biaya tak terduga yang harus digelontorkan perusahaan.

Contoh dari vendor yang memberikan aplikasi absensi dengan kualitas dan harga yang menarik adalah LinovHR. Dari segi pengalaman, LinovHR sendiri sudah lama berpengalaman dalam mengembangkan aplikasi dan software untuk memudahkan kinerja HRD, sehingga tak perlu diragukan kualitasnya.

Hal lain yang menguntungkan dari segi biaya dalam menggunakan aplikasi absensi adalah hemat. Bagaimana bisa? Hal ini dikarenakan perusahaan tak wajib mengalokasikan biaya pemeliharaan mesin absensi. Semua karyawan melakukan absensi melalui ponsel mereka masing-masing, maka tidak perlu ada mesin khusus untuk mencatat absensi.

Kesimpulan

Implementasi aplikasi absensi dapat memudahkan pencatatan absensi dari pihak karyawan. Di sisi lain, pihak HRD pun juga akan dimudahkan karena data kehadiran yang masuk akan tersimpan dalam satu sistem terpusat yang akan memudahkan HRD untuk mengakses dan mengelola data kehadiran karyawan.

Setelah melihat gambaran mengenai implementasi aplikasi absensi di atas, maka dapat disimpulkan jika perusahaan akan berhemat ketika menggunakan aplikasi absensi. Sehingga perusahaan tidak perlu ragu untuk menggunakan aplikasi untuk absensi selama memilih vendor yang jelas dalam menjabarkan rincian harga aplikasi tersebut. Jadi, implementasi aplikasi bisa tetap terwujud tanpa biaya yang mahal!