6 Rekomendasi Kado Anak Usia 1 Tahun yang Bermanfaat

Kado Anak Usia 1 Tahun

Anak adalah anugerah terindah yang dititipkan Allah kepada para orang tua. Melihat anak tumbuh dan berkembang setiap tahunnya pasti menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua. Pernahkah Bunda diundang ke pesta ulang tahun anak berusia satu tahun? Di usia itu, Bunda harus memberikan kado yang bermanfaat, nih. Ingin tahu kado anak usia 1 tahun apa saja yang paling sering diberikan? Yuk, simak penjelasannya!

Menghadiri pesta ulang tahun pertama anak teman Bunda merupakan suatu kebahagiaan, kan? Namun, terkadang pengalaman yang minim membuat Bunda menjadi bingung harus menghadiahkan apa. Apalagi dengan umurnya yang baru satu tahun, pasti yang terlintas hanya boneka atau baju.

Padahal, di umur satu tahun ini, anak harus diberikan kado yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Nah, daripada bingung, simak beberapa referensi kado anak usia 1 tahun di bawah ini, yuk!

1. Sepatu

Anak akan tumbuh dan mengalami perkembangan setiap tahunnya. Di umur 1 tahun, anak akan mulai belajar berjalan. Maka, sepatu menjadi salah satu kado yang paling bermanfaat untuk anak, nih. Carilah sepatu dengan motif dan bentuk yang lucu, serta sesuaikan dengan selera anak-anak, ya! Yang paling penting, pilihlah sepatu dengan sol yang lentur agar anak dapat memakainya dengan nyaman.

2. Mainan Menyusun atau Menyortir

Selanjutnya, Bunda dapat memberikan mainan menyusun atau menyortir untuk si kecil, nih. Bukan sembarang mainan, mainan yang satu ini sangat bermanfaat untuk perkembangan si kecil, loh! Mainan menyusun atau menyortir berguna untuk melatih motorik dan logika anak. Sebaiknya, pilihlah sorting toys dengan warna-warna yang cerah agar anak tertarik memainkannya.

3. Buku Bergambar

Bila budget yang dimiliki terbatas, buku dapat dijadikan sebagai kado yang tepat, nih. Usahakan untuk memilih buku yang memiliki gambar lebih banyak dibandingkan dengan tulisan, ya! Di usia satu tahun, anak mudah merusak barang apa saja. Oleh karena itu, sebaiknya berikan board book agar tidak mudah sobek.

Bukan buku dongeng atau novel, berikan buku pengenalan dasar macam-macam hewan, benda, buah, dan lain sebagainya, ya! Di umur ini, anak sedang belajar mengenali banyak hal dan kosakata baru, nih.

4. Baby Walker

Bila budget yang dimiliki cukup besar, pilihlah baby walker sebagai hadiah ulang tahun anak 1 tahun, ya! Bagi anak yang masih tertatih atau bahkan belum bisa berjalan sama sekali, kado baby walker ini dapat dijadikan sebagai alternatif yang bermanfaat, nih. Biasanya, baby walker juga dilengkapi dengan mainan lucu yang membuat anak tertarik belajar berjalan.

Tapi, pilihlah baby walker dengan cermat, ya! Sebab, tak semua baby walker memberikan dampak yang positif, nih. Ada beberapa baby walker yang tidak dianjurkan para dokter karena dapat membuat kaki anak menjadi O.

5. Mainan Musik

Memberikan kado mainan musik sangat dianjurkan oleh berbagai dokter, nih. Musik sangat berguna untuk membantu perkembangan otak kanan balita. Untuk umur satu tahun, sebaiknya berikan mainan alat musik berbentuk drum, piano, atau ukulele. Selain mengeluarkan lagu yang menarik, biasanya mainan musik menyediakan tombol untuk ditekan atau dipukul. Hal ini juga dapat melatih motorik halusnya, loh!

6. Alat Menggambar dan Mewarnai

Menggambar dan mewarnai menjadi salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan oleh balita. Kegiatan ini berguna untuk melatih motorik halusnya, loh! Oleh karena itu, memberikan krayon atau pensil warna kepada anak berusia satu tahun juga cukup dianjurkan, nih. Perlu diingat, pilihlah krayon dengan bahan yang aman untuk digunakan anak kecil karena anak umur 1 tahun masih sering memakan semua barang yang dipegangnya.

Nah, itulah beberapa referensi kado anak usia 1 tahun yang bermanfaat untuk perkembangan anak. Untuk membeli kado tersebut, Bunda dapat langsung mengunjungi toko yang menjual barang-barang tersebut. Bila tak memiliki waktu untuk datang langsung secara offline, belilah kado secara online.